Selasa, 28 Juli 2009

TAFSIR TARBAWI

Tafsir Ibnu Katsir Surah Al Baqarah ayat 168

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُواْ مِمَّا فِي الأَرْضِ حَلاَلاً طَيِّباً وَلاَ تَتَّبِعُواْ خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ
Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.

Tafsir Ibnu Katsir
Setelah Allah Ta'ala menjelaskan bahwa tidak ada tuhan melainkan Dia, maka Dia menjelaskan bahwa Dia Maha.Pemberi rezeki kepada seluruh makhluk-Nya. Dia menganugerahkan kepada mereka kebolehan memakan makanan yang halal lagi baik serta melarang mereka memakan makanan yang diharamkan kepadanya.
Hal itu sebagaimana terdapat dalam Shahih Muslim bahwa Nabi saw. bersabda,
"Allah Ta'ala berfirman, 'Sesungguhnya semua harta yang Aku anugerahkan kepada hamba-hamba-Ku adalah halal bagi mereka dan Aku menciptakan hamba-hamba-Ku itu cenderung kepada kebenaran (kebaik-an). Kemudian datanglah kepada mereka setan-setan, lalu mereka menyesatkan mereka dari agama mereka dan mengharamkan atas mereka apa yang telah Kuhalalkan bagi mereka." (HR Muslim)
Al-Hafizh Abu Bakar bin Mardawih meriwayatkan dari Ibnu Abbas, dia berkata, "Saya membaca ayat, 'Hai manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang ada di bumi' di dekat Nabi saw.. Lalu Sa'ad bin Abi Waqash berdiri seraya berkata, 'Ya Rasulullah, berdoalah kepada Allah agar kiranya doaku dikabulkan.' Maka Nabi bersabda, 'Hai Sa'ad, perbaikilah makananmu niscaya doamu akan dikabulkan. Demi Dzat yang diri Muhammad ada dalam kekuasaan-Nya, sesungguhnya yang memasukkan sesuap makanan haram ke dalam perut-nya, maka ibadahnya tidak akan diterima Allah selama 40 hari. Hamba mana saja yang dagingnya tumbuh dari barang haram dan riba, maka api neraka lebih layak untuk melahapnya.'"
Firman Allah,
"Sesungguhnya dia merupakan musuh yang nyata bagimu"
merupakan pernyataan agar manusia menjauhi dan waspada terhadap setan. Sebagaimana Dia berfirman, "Sesungguhnya setan itu merupakan musuh bagimu, maka jadikanlah ia sebagai musuh."
Firman Allah,
"Dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan."
Setiap kemaksiatan kepada Allah, setiap kecenderungan kepada kemaksiatan, dan setiap kesalahan merupakan bagian dari langkah setan, termasuk nazar untuk bermaksiat. Asy-Sya'bi berkata, "Bila seseorang bernazar untuk membunuh anaknya, maka Masyruq memfatwakan penggantiannya dengan menyembelih domba. Menurut Masyruq, hai itu merupakan langkah setan."
Abd bin Hamid mengatakan dengan sanadnya yang sampai kepada Ibnu Abbas, "Setiap sumpah atau nazar kemurkaan merupakan bagian dari langkah setan, dan kafaratnya juga berupa kafarat sumpah."
Al A'raf ayat 42
Dari Super Pedia Rumah Ilmu Indonesia
Langsung ke: navigasi, cari

وَالَّذِينَ آمَنُواْ وَعَمِلُواْ الصَّالِحَاتِ لاَ نُكَلِّفُ نَفْسًا إِلاَّ وُسْعَهَا أُوْلَـئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ
dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang saleh, Kami tidak memikulkan kewajiban kepada diri seseorang melainkan sekedar kesanggupannya, mereka itulah penghuni-penghuni surga; mereka kekal di dalamnya.
Ali Imran ayat 186
Dari Super Pedia Rumah Ilmu Indonesia
Langsung ke: navigasi, cari
لَتُبْلَوُنَّ فِي أَمْوَالِكُمْ وَأَنفُسِكُمْ وَلَتَسْمَعُنَّ مِنَ الَّذِينَ أُوتُواْ الْكِتَابَ مِن قَبْلِكُمْ وَمِنَ الَّذِينَ أَشْرَكُواْ أَذًى كَثِيرًا وَإِن تَصْبِرُواْ وَتَتَّقُواْ فَإِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ الأُمُورِ
Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan (juga) kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan.
An Nisaa ayat 69
Dari Super Pedia Rumah Ilmu Indonesia
Langsung ke: navigasi, cari
وَمَن يُطِعِ اللّهَ وَالرَّسُولَ فَأُوْلَـئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللّهُ عَلَيْهِم مِّنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاء وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَـئِكَ رَفِيقًا
Dan barangsiapa yang menta'ati Allah dan Rasul(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi ni'mat oleh Allah, yaitu : Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang- orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar